Menghitung Biaya Renovasi Rumah Per Meter

Berapa biaya renovasi rumah per meter yang akan dihabiskan? Untuk mengetahui berapa rincian biayanya terlebih dahulu harus direncanakan dengan baik, mulai dari seberapa besar kegiatan renovasi sampai kebutuhan bahan bangunan dan juga tenaga kerja.

Sebelum mengetahui biaya renovasi, ada baiknya Anda terlebih dahulu menyusun RAB agar bisa mengetahui estimasi biaya renovasi.

Menghitung Biaya Renovasi Rumah Per Meter Berdasarkan RAB

Dalam menghitung berdasarkan RAB bisa dibedakan menjadi dua cara yaitu secara kasar dan secara terperinci.

1. RAB Secara Kasar

Untuk RAB secara kasar, Anda perlu detail berapa meter persegi rumah yang akan dilakukan renovasi. Jika punya kontraktor, maka Anda cukup mengalikan luas bangun rumah yang akan direnovasi dengan harga satuan standar yang akan ditawarkan oleh kontraktor.

Jadi cara penghitungannya adalah luas bangunan dikali harga satuan untuk bisa mendapatkan estimasi biaya renovasi. Namun sebenarnya teknik ini lebih cocok jika ingin melakukan bangun rumah ataupun beli rumah.

2. RAB Terperinci

Selain menghitung RAB secara kasar, Anda juga harus menghitung secara terperinci. Untuk metode ini, Anda tidak harus menggunakan patokan harga satuan langsung dari kontraktor tapi lakukan perhitungan dengan biaya sendiri.

Pertama Anda harus mengukur volume pengerjaan dari setiap renovasi rumah agar bisa dikalikan dengan upah tenaga kerja dan harga bangunan serta bahan dan material pendukung. Ada 4 poin penting untuk menghitung rincian biaya dalam melakukan renovasi rumah seperti berikut.

  • Biaya tenaga kerja : untuk menghitung biaya tenaga kerja Anda bisa memilih sistem harian. Di mana pada sistem ini biaya upah kisaran 125 sampai 150 ribu, tapi tergantung pula pada wilayah masing-masing. Ada juga sistem borongan jasa dan juga sistem borongan penuh.
  • Biaya bahan material, yang kedua ada rincian biaya bahan material. Anda bisa melewati tahap ini jika menggunakan sistem borongan penuh. Namun juga menggunakan sistem borongan harian atau borongan biasa maka total biaya harga material bergantung pada jenis dan juga kualitas material.
  • Perluasan tanah, pada tahap ini Anda harus tahu berapa volume perluasan tanah jika ingin memperluas rumah saat renovasi. Anda harus cari tahu biaya dengan bertanya ke agen atau pemilik tanah di sekitar lokasi. Kalikan kebutuhan lahan baru dengan harga tanah di sekitar lokasi.
  • Biaya pendukung, disebut biaya pendukung karena biasanya pasti ada saja hal-hal yang tidak terduga yang harus dikeluarkan ketika akan renovasi rumah. Hal tak terduga ini meliputi material dan bahan bangunan dan untuk biayanya dipatok 10% dari total biaya renovasi rumah per meter.

Itu tadi beberapa cara menghitung biaya renovasi rumah per meter yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Namun jika ingin renovasi menggunakan kontraktor tentu saja tidak perlu repot untuk menghitung estimasi biayanya. Namun pastikan  selektif dalam memilih kontraktor bangunan. Salah satunya dengan mencari kontraktor lewat Sejasa. Platform ini bisa Anda akses melalui aplikasi maupun website resmi.

Di platform ini Anda tidak hanya bisa menemukan jasa kontraktor tapi juga jasa bangunan untuk kategori tukang. Tukang harian maupun tukang borongan bisa anda temukan secara mudah dan akan mendapatkan beberapa referensi tukang terbaik dan profesional. Temukan berbagai pilihan lainnya untuk jasa tukang dan juga service, terutama untuk pilihan servis produk-produk elektronik. Bahkan Anda bisa memilih tukang berdasarkan lokasi wilayah terdekat dari rumah agar tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi lagi karena jarak tukang yang jauh.