Mengenal Keunggulan, Kelebihan dan Jenis-Jenis Switch Manageable

Switch Manageable adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menjalankan antara penghubung yang tidak terlihat pada banyak jaringan, hal Ini sudah sesuai dengan penggantian menurut alamat MAC. Fungsi umum dari Switch ini adalah untuk mengelola jalur yang didapatkan pada sebuah jaringan komputer. Perangkat ini juga bertugas untuk menyampaikan sebuah kiriman data agar bisa sampai ke tujuan dengan menggunakan media yang tepat. Switch ini juga mempunyai tugas untuk mencari lalu lintas yang paling baik dan juga lebih optimum. Selain itu juga menentukan transmisi pada kiriman data yang sangat efektif sesuai dengan tujuan.

Selain sangat bermanfaat, ada banyak sekali beberapa jenis Switch Manageable yang bisa Anda gunakan. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu:

1.  ATM Switch

ATM Switch adalah sebuah bentuk transfer yang dirangkai dalam bentuk beberapa komponen. Ini biasanya digunakan pada bidang perbankan yang dipasang pada mesin ATM sehingga mesin tersebut dapat bekerja untuk tarik tunai saldo.

2. ISDN Switch

ISDN Switch adalah sebuah switch yang diperoleh pada service provider. Misalnya saja, switch yang dipakai berbentuk ISDN cara dan router. Ini akan membuat switch bekerja dengan baik pada mesin,

3. DSLAM Switch

A digital subscriber line access multiplexer digunakan untuk menguatkan telepon baris. Ini digunakan untuk menjalankan koneksi cepat ke internet.

4. Ethernet Switch

Switch Ethernet adalah sebuah LAN yang digunakan  untuk bergerak pada susunan data link dari referensi OSI, saklar pada umumnya yang sama kerjanya dengan jembatan. Umumnya penopang yang digunakan jumlahnya lebih besar dari LAN yang saling terkait dan mempunyai berbagai keahlian manajemen yang sangat kaya.

Bagaimana Cara Kerja Switch ?

Switch adalah sebuah perangkat keras yang bekerja pada jaringan komputer yang sama dengan HUB, perbandingan switch akan tetapi lebih pintar meskipun harganya juga lebih mahal dari HUB. Cara kerjanya adalah dengan menerima kiriman data pada sebuah port dan kemudian melihat MAC yang bertujuan untuk membentuk sebuah koneksi dengan port yang sudah terkoneksi. Dengan selain port diarahkan tidak dapat menerima kiriman data yang dikirimkan dan akan menyusutkan berlangsungnya gesekan data. Ini disebut dengan collision. Pada setiap perangkat yang terkoneksi ke port, MAC address-nya akan dicatat di MAC address table setelah disimpan dalam cache switch.

Kelebihan Penggunaan Switch Managable

Pada dasarnya, switch dibagi menjadi beberapa bagian yang sangat penting di dalam jaringan komputer. Karena adanya switch ini menjadikan sebuah sentral dari sebuah lalu lintas jaringan. Saat switch mengalami gangguan maka semua aktivitas dalam jaringan akan terganggu. Berikut ada beberapa kelebihan penggunaan Switch Manageable, yaitu:

  1. Memeriksa dan juga menganalisa pada setiap paket data yang sudah diterima  sebelum meneruskan ke alamat tujuan
  2. Menentukan alamat tujuan dan juga sumber paket data yang sudah melaluinya
  3. Mampu melanjutkan setiap paket data dengan cepat dan tepat
  4. Bisa menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya seperti modem dan access point
  5. Mempunyai banyak sekali port yang bisa digunakan

Dibalik kelebihan yang dimiliki, tentu saja ada beberapa kekurangan yang  ada pada penggunaan switch ini, yaitu :

  1. Mempunyai harga yang mahal dari pada HUB
  2. Hanya bisa menggunakan kabel straight. Jadi apabila ingin menggunakan kabel cross yang sudah ada bisa diubah menjadi kabel straight terlebih dahulu

Memerlukan waktu yang  lama untuk memeriksa sebuah paket