Mengenal Apa Itu Marketplace Investasi, Beserta Pilihan dan Tips Amannya

Era digital memudahkan kita dalam melakukan banyak hal, salah satunya  investasi, dengan adanya marketplace investasi. Investasi adalah suatu hal yang dianjurkan bagi mereka yang memiliki tujuan keuangan di masa depan, termasuk pelaku usaha yang ingin mengumpulkan modal untuk mengembangkan usaha di masa yang akan datang.

Jika Anda tertarik untuk memulai marketplace investasi, Anda bisa mendapatkan informasi terkait investasi ini, seperti pilihan-pilihannya, kelebihan, kekurangan, dan tips aman berinvestasi secara online pada artikel ini. Jadi, stay tuned!

Apa Itu Marketplace Investasi?

Investasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dengan menanamkan modal atau bertransaksi pada suatu instrumen.

Dari pengertian investasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa marketplace investasi atau investasi online adalah kegiatan penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan di masa depan yang dilakukan melalui platformonline.

Biasanya, platform online untuk melakukan marketplace investasi bisa berupa sebuah situs web ataupun aplikasi.

Kelebihan dan Kekurangan Marketplace Investasi

Setiap jenis investasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Marketplace Investasi

Dibandingkan investasi secara offline, investasi online memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Hemat waktu.
  • Dapat mulai berinvestasi dengan jumlah kecil.
  • Proses transaksi mudah karena bisa dilakukan di mana saja.
  • Bisa menjadi tabungan jangka panjang.
  • Mudah dipantau.

Pilihan Marketplace Investasi

Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan keuntungan dengan marketplace investasi, banyak jenis marketplace investasi yang bisa Anda pilih, seperti investasi emas, reksa dana, P2P lending, investasi saham, dan obligasi ritel.

1. Investasi Emas

Sejak dulu, emas memang selalu menjadi barang yang digunakan untuk investasi. Cara berinvestasi dengan emas adalah dengan membelinya saat harga beli turun dan menjualnya saat harga jual tinggi.

Selain mudah, investasi emas juga merupakan jenis investasi online dengan resiko kerugian rendah. Jika tertarik, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi investasi emas yang sebelumnya pernah dibahas di sini.

2. Reksa dana

Reksa dana adalah jenis investasi yang memungkinkan Anda untuk menanamkan modal di berbagai efek pasar modal dengan dana kecil. Anda juga akan didampingi oleh manajer investasi agar proses investasi lebih aman karena reksa dana memiliki resiko rendah hingga tinggi.

3. P2P Lending

P2P lending merupakan investasi dalam bentuk pendanaan yang umumnya diberikan kepada pelaku UMKM yang mengajukan pinjaman modal usaha. Kemudian, sebagai investor, nantinya Anda akan mendapatkan profit dari sistem bagi hasil pembayaran pinjaman UMKM tersebut.

P2P lending juga menjadi salah satu jenis investasi online yang bisa dilakukan dengan dana kecil.

4. Investasi Saham

Saham adalah sebuah bukti bahwa seseorang memiliki bagian modal pada suatu perusahaan. Biasanya bukti tersebut berbentuk surat berharga. Dengan memiliki surat tersebut, Anda sebagai penanam modal pada suatu perusahaan juga dianggap sebagai pemilik dari perusahaan tersebut.

5. Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang dapat dibeli dan pembelinya akan mendapatkan keuntungan berupa bunga. Dalam surat obligasi biasanya terdapat tanggal jatuh tempo pembayaran utang beserta bunganya.

Bagaimana Cara Kerja Marketplace Investasi?

Mereka yang mempertimbangkan untuk berinvestasi melalui marketplace investasi pasti akan memiliki pertanyaan mengenai fungsi penting mereka.

Marketplace investasi atau marketplace investasi pada dasarnya adalah layanan online yang memungkinkan Anda untuk membeli, menjual, dan menahan dana.  Anda dapat melakukannya sendiri secara langsung tanpa saran orang lain, atau atas disarankan menggunakan penasihat keuangan yang akan berinvestasi menggunakan nama Anda.

Marketplace investasi telah menjadi sangat populer selama bertahun-tahun karena ini dapat menjadi cara yang efisien untuk berinvestasi tanpa dikenakan pajak. Selain itu, investor juga memiliki kemudahan dalam mengelola beberapa produk di dalam satu platform yang sama. Serta investor juga memiliki akses online yang memungkinkan Anda untuk melihat dan memantau kemajuan investasi Anda kapan saja.  Bergantung pada jenis layanan platform yang Anda pilih, ini bisa berarti bahwa penyesuaian potensial dapat dengan cepat dilakukan sejalan dengan perubahan pasar.

Berapa Biaya Yang Harus Anda Bayarkan?

Ini tampaknya menyebabkan kebingungan terbesar di antara pengguna platform. Jenis biaya akan bervariasi antar platform tetapi beberapa biaya yang paling umum termasuk biaya transaksi dana, biaya admin, serta biaya penasehat keuangan berkelanjutan. Tarif biaya ini akan berbeda di setiap platform dan mungkin tidak selalu berlaku. Penting untuk mengetahui dengan tepat berapa yang harus Anda bayar dan dampaknya terhadap investasi Anda.

Marketplace investasi Terbaik Untuk Investasi?

Tidak ada marketplace investasi yang ‘ultimate’. Jika Anda ingin mengelola investasi Anda sendiri, ada baiknya Anda melakukannya riset secara online terlebih dahulu untuk mengetahui kesepakatan terbaik dan menemukan marketplace investasi atau marketplace investasi yang tepat. Jika Anda ingin menggunakan penasehat keuangan, ada baiknya untuk mendiskusikan dengan mereka apa yang Anda inginkan dari investasi Anda sehingga mereka dapat membuat rekomendasi yang paling tepat.

Tips Aman dalam Investasi di Marketplace

Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa kekurangan dalam investasi online, salah satunya adalah rentan penipuan. Untuk mengurangi dan meminimalisir resiko tersebut dan juga resiko kerugian, berikut beberapa tips aman dalam bermarketplace investasi yang perlu Anda ketahui:

  • Pilih aplikasi yang legal dan dipantau langsung oleh OJK. Untuk memeriksa apa saja aplikasi yang dipantau oleh OJK, Anda bisa mengakses situs OJK di sini.
  • Jangan berikan data-data penting (KTP, password, OTP, dll) kepada orang lain.
  • Ganti PIN dan kata sandi secara berkala.
  • Gunakan jaringan seluler yang aman. Jangan menggunakan WiFi publik karena rentan diretas.
  • Memahami rencana investasi online.
  • Memilih jenis investasi online yang tepat sesuai kebutuhan.
  • Memahami risiko investasi online.

Amartha, Rekomendasi Marketplace Investasi Terbaik

Amartha hadir sebagai marketplace investasi bagi UKM di pedesaan yang tidak terjangkau oleh fasilitas perbankan konvensional. Dalam mengajukan pinjamannya ada beberapa tahapan yang perlu Anda lalui.

Untuk tahapan pengajuan pinjaman, Anda tidak perlu mempersiapkan jaminan. Karena Amartha tidak menuntut jaminan pada peminjamnya, tetapi perlu diperhatikan pembentukan suatu kelompok dengan jumlah modal dengan dana mulai dari 500 ribu rupiah.

Selain pembiayaan dengan kelompok, Amartha juga menawarkan produk pinjaman dengan sistem tanggung bersama. Yaitu, dengan membayar cicilan pinjaman secara gotong royong jika ada salah satu anggotanya yang mengalami kendala cicilan.

Tidak hanya menyediakan jasa pinjam dana untuk modal saja, Amartha juga menyediakan ruang bagi mitra pemberi pinjaman atau investor. Akan tetapi, untuk menjadi investor ada beberapa tahap seleksi dan juga edukasi terlebih dahulu. Setelah itu baru para investor dapat mendaftar secara online.

Kemudian para investor dapat mentransfer uangnya ke perusahaan dengan jumlah 3 juta rupiah. Perusahaan yang akan dijadikan sebagai tempat tanam modal dapat dipilih sendiri oleh masing-masing investor dengan menimbang beberapa hal yang sekiranya dapat menguntungkan.

Usaha-usaha kecil yang membutuhkan modal akan tercatat di web Amartha secara lengkap informasi sekitar bisnis UKMnya. Amartha juga memakai proprietary technology untuk membantu investor ketika mengambil keputusan serta menilai portofolio perusahaan.

Itu dia informasi mengenai marketplace investasi, mulai dari definisi, kelebihan, kekurangan, jenis-jenisnya, hingga tips aman berinvestasi secara online. Meskipun banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, pastikan Anda tetap memikirkan dengan matang-matang sebelum berinvestasi.