Faktor Penentu Besaran Biaya Ongkir Barang ke Luar Negeri

Anda pasti sudah sering melihat orang yang mengirim barang dari maupun ke luar negeri. Kemudahan yang diberikan pemerintah dengan regulasi yang tidak terlalu ribet membuat banyak orang dapat saling kirim barang dengan orang di negara lain. Saling kirim barang tersebut sebagian besar untuk kepentingan usaha.

Dalam proses pengiriman barang, Anda tidak akan lepas dari perhitungan biaya ongkos kirim. Sebelum mengirim barang, Anda pasti melakukan cek ongkir ke luar negeri.

Untuk menentukan besaran biaya ongkir barang ke luar negeri, terdapat sejumlah faktor yang menentukannya. Secara garis besar, terdapat tiga faktor penentu besaran biaya ongkir barang ke luar negeri. Tiga faktor tersebut adalah berat barang, metode pengiriman, dan biaya-biaya tambahan.

Berdasarkan tiga hal tersebut diharapkan penentuan biaya ongkir dapat diambil dengan baik.

Berat Barang

Berat barang merupakan faktor yang tidak bisa ditinggalkan saat Anda mengirim barang, baik pengiriman dalam maupun luar negeri. Berat barang diukur dengan dua cara yakni perhitungan berat aktual dan berat dimensi.

Berat aktual merupakan berat paket yang dihitung berdasarkan berat kilogram. Barang yang dihitung berdasarkan berat aktual akan dibulatkan ke kilogram berikutnya.

Sedangkan untuk berat dimensi adalah berat yang dihitung berdasarkan ukuran kepadatan pengiriman. Barang akan dikalikan panjang, lebar, dan tingginya. Hasil perkalian tersebut akan dibulatkan ke ukuran cm terdekat.

Metode Pengiriman

Dalam proses pengiriman barang terdapat empat pilihan metode pengiriman. Metode pengiriman barang tersebut adalah lewat udara, darat, laut, dan antarmoda. Dari keempat metode tersebut, metode pengiriman barang melalui darat adalah yang paling murah.

Pengiriman melalui laut membutuhkan waktu yang cukup lama. Biayanya juga lebih mahal dibandingkan keempat metode pengiriman lainnya. Namun, metode ini yang paling sering digunakan dalam perdagangan internasional.

Pengiriman barang melalui udara juga tergolong mahal. Hal ini terjadi karena waktu tempuh pengiriman barang adalah yang paling cepat diantara lainnya.

Terakhir yakni pengiriman antarmoda. Pengiriman ini menggabungkan beberapa metode pengiriman barang lainnya.

Biaya Tambahan

Biaya tambahan yang dikenakan pada proses pengiriman barang biasanya berkaitan dengan proses packing. Proses packing membutuhkan sejumlah bahan yang digunakan untuk mengemas barang.

Demikian tadi tiga faktor penentu besaran biaya ongkir barang ke luar negeri. Dengan tiga faktor tersebut Anda akan lebih mudah menghitung biaya ongkir. Misalnya Anda ingin menghitung biaya ongkir Amerika ke Indonesia maupun sebaliknya, Anda dapat dengan mudah menentukannya dengan mempertimbangkan tiga faktor di atas.