4 Tips Perawatan Roots Blower Agar Tidak Mudah Rusak!

Roots blower adalah komponen pada mesin vakum. Yang mana seperti diketahui, pompa vakum punya banyak sekali sparepart yang harus dikelola dengan baik. Roots blower sendiri banyak dimanfaatkan untuk industri perikanan, salah satunya untuk proses aerasi pada air.

Sementara untuk jenis medical vacuum pump banyak digunakan pada rumah sakit khususnya untuk dokter ahli. Alat ini dipergunakan untuk menghisap berbagai jenis cairan dan dipakai pada kondisi tertentu misalnya pada saat operasi.

Berbicara soal roots blower, kegunaannya sendiri adalah untuk pengolah udara pada berbagai jenis industri di mana industri tersebut membutuhkan oksigen dalam air yang harus selalu terjaga. Fungsi blower ini adalah untuk memompa udara dari sumber atau tempat penyimpanan udara yang dialirkan sesuai dengan. Agar roots blower tetap berfungsi semestinya, maka membutuhkan beberapa perawatan sebagai berikut.

1. Periksa Bagian Pelumas

Yang pertama Anda harus memeriksa bagian pelumas, pelumas ini sering mengalami gesekan sehingga umurnya kurang panjang. Pelumas menggunakan oli sebagai mesin utama sehingga kualitas oli perlu diperhatikan. Kualitas pelumas yang baik maka berpengaruh pada kualitas dari pelumas itu sendiri. Periksa secara berkala kualitas oli dan mesin untuk pengolahan air.

Pemeriksaan dilakukan untuk mengecek kualitas dan jumlah oli yang tersisa. Jadi apabila kualitas oli menurun, maka membutuhkan yang namanya penggantian oli.

2. Pemeriksaan V-Belt

Yang kedua yaitu memperhatikan v-belt pada mesin pompa udara. V-belt pada roots blower sering mengalami kerusakan yang ditandai dengan suaranya yang memekik. Pekikan suara ini terjadi karena gesekan antara v-belt dan pulley. Jika suara tersebut terjadi maka usia dari v-belt sudah melewati batas dan perlu pemeriksaan berkala, supaya bisa memastikan kondisi dari v-belt.

V-belt yang rusak akan mengalami keretakan dan beresiko putus. Pencegahannya dengan melakukan pengecekan rutin pada v-belt. Dan v-belt yang mencapai 650 KM harus diganti.

3. Pemeriksaan Pulley

Selanjutnya perlu juga memastikan bahwa pulley tidak mengalami aus. Pulley awas akan mengalami kerusakan lama-kelamaan sehingga mesin blower juga tidak optimal. Pulley tidak hanya perlu diganti tapi juga perlu diperhatikan apakah terdapat kotoran di dalamnya yang harus dibersihkan.

4. Pemeriksaan Inlet Slincer

 Pemeriksaan juga perlu dilakukan pada inlet slincer. Fungsi dari inlet ini adalah untuk menghisap udara dan mengeluarkannya lewat outlet slincer. Pemeriksaan inlet slincer harus dilakukan agar mengetahui apakah komponen ini bersih atau malah mengalami yang namanya penyumbatan.

Perhatikan pula, apakah tidak terjadi kebocoran pada area inlet agar udara bisa mengalir dengan baik. Bagian inlet ini harus dilakukan pembersihan secara berkala, agar pompa udara bisa dipakai dalam waktu yang lebih panjang atau lebih awet.

Kini tentu anda sudah tahu bagaimana cara perawatan untuk roots blower. Di mana perawatan pada komponen roots blower sangat penting untuk menjaga kualitas produk dan juga ketahanan produk roots blower ini dalam jangka panjang. Bagi yang sedang mencari berbagai sparepart dari mesin vakum maka bisa membelinya pada perusahaan Becker. Di tanah air, sudah tersedia Backet Indonesia yang mana menjadi distributor untuk produk-produk khususnya produk industri. Anda bisa mendapatkan produk-produk terbaik ini khususnya di Intidaya Dinamika Sejati. Tidak perlu dikhawatirkan lagi untuk kualitas dari produk industri yang dikeluarkan Becker. Karena semua produknya punya kualitas tinggi dan mampu bekerja secara optimal untuk membantu meningkatkan produksi. Informasi lebih lengkapnya bisa anda temukan pada website resmi Becker.