4 Tips Memeriksa Mobil Bekas Jakarta yang Murah

Banyaknya showroom yang menawarkan mobil bekas murah, tentunya membuat Anda lebih selektif lagi dalam memilih jenis mobil yang dibeli, kondisi mobil, dan menyesuaikan anggaran yang Anda siapkan. Salah satunya showroom mobil bekas Jakarta Selatan, yang mana Anda bisa saja menemukan mobil second seharga sekitar 50 juta rupiah.

Mungkin terdengar sangat murah untuk harga mobil bekas Jakarta. Namun, jangan salah, jika Anda teliti dalam mencarinya maka akan mendapatkan mobil second sesuai dengan budget dan harapan. Nah, berikut empat tips memeriksa mobil bekas di Jakarta yang murah sebelum memutuskan untuk meminangnya:

1. Eksterior dan Interior

Eksterior dan interior adalah hal utama yang perlu Anda periksa. Pemeriksaan eksterior mobil bisa dimulai dari mengecek kondisi cat, apakah cat original atau sudah dicat ulang. Kemudian pengecekan apakah ada bagian yang berkarat, penyok, atau goresan.

Sementara pengecekan interior bisa dimulai dari kondisi dashboard, semua laci di dashboard dan konsol tengah, tuas persneling, setir, jok mobil, plafon, hingga panel-panel pintu. Jadi, lihatlah secara teliti dan cermat semua bagian atau permukaan dari ujung ke ujung.

Nah, pemeriksaan bagian eksterior dan interior ini bisa menjadi impresi pertama bagi Anda untuk mendapatkan keyakinan ingin meminang mobil bekas tersebut.

2. Kondisi Mesin

Pemeriksaan kondisi mesin berupa:

  • Cek kebersihan bagian knalpot. Jika ada bercak oli di ujung pipa, bisa jadi menandakan ada masalah besar di mesinnya.
  • Pastikan suara mobil dan bodi mobil dalam kondisi yang baik / normal.
  • Periksa bagian blok mesin, apakah ada noda oli atau tidak. Jika ada, berarti ada kebocoran.
  • Hidupkan mesin selama 3-5 menit, lalu dengarkan suaranya. Ulangi cara yang sama, lalu buka kap (tutup mesin) mobil. Pastikan suara mesin mobil masih halus dan konstan, baik di saat masih dihidupkan tanpa harus menginjak pedal gas.

3. Test Drive Mobil Bekas Jakarta

Test drive ini bertujuan untuk mengetahui kondisi mobil saat berjalan dengan kecepatan rendah, kecepatan rata-rata, dan kecepatan tinggi. Pada kecepatan yang rendah, coba lepas stir untuk mengecek apakah mobil tetap berjalan lurus atau tidak.

4. Periksa Surat-surat Mobil

Setelah merasa cocok dengan salah satu mobil bekas Jakarta pilihan Anda. Tahap selanjutnya adalah periksa kelengkapan dan keaslian surat-surat kendaraan. Mulai dari data STNK dan BPKB. Untuk lebih memastikan keasliannya, Anda bisa langsung menanyakan ke Samsat terdekat terkait darimana surat-surat tersebut dikeluarkan.

Demikian tips-tips mengenai cara memeriksa mobil second yang bisa ditemukan di showroom mobil bekas Jakarta Selatan. Semoga bermanfaat!